MAKALAH ANALISA SIAKAD MENGGUNAKAN METODE PIECES


MAKALAH
ANALISA SIAKAD MENGGUNAKAN METODE PIECES

PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SI
Di Ajukan Untuk Memenuhi Tugas Ulangan Tengah Semester
Mata Kuliah Pengembangan Dan Implementasi SI




Disusun Oleh :


1.      Mochammad Romi Romania         (NIM : 4117016)
2.      Setya Ning Martandhani                (NIM : 4117023)
3.      M. Nasikhin                                     (NIM : 4117978)
4.      M. Ridlo                                           (NIM : 4117094)
5.      Achmad Baidhowi                          (NIM : 4117095)




FAKULTAS SAINTEK PRODI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS PESANTREN TINGGI DARUL ‘ULUM JOMBANG
2019


KATA PENGANTAR

Segala puji dan  syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta pertolongannya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas mata kuliah Pengembangan dan Implementasi SI pada semester keempat ini. Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada pembawa risalah Allah SWT, yakni Nabi Muhammad SAW.
            Makalah ini merupakan pemenuhan dari tugas ulangan tengah semester mata kuliah Pengembangan dan Implementasi SI. Namun makalah ini diharapkan dapat dijadikan sebagai referensi dalam masalah serupa yang dapat digunakan olek khalayak umum dan pengembangan ilmu pengetahuan didalamnya.
            Makalah ini diharapkan dapat memberikan solusi kepada pembaca khususnya dari kalangan mahasiswa karena kajian yang dibahas berhubungan dengan pola kerja SIAKAD yang sehari – hari umum dipakai oleh para mahasiswa.
            Sebagai akhir dari pengantar ini, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu kelancaran dalam proses pembuatan makalah ini. Kami menyadari bahwa makalah  ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu kritik dan saran kami harapkan untuk kesempurnaan makalah ini lebih lanjut. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, amin.
Mojokerto, 4 April 2019
Penulis

DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR                                                                                           i
DAFTAR ISI    ..............................................................................................       ii
BAB I      PENDAHULUAN                                                                               1
                 A. Latar Belakang .........................................................................       1
                 B. Rumusan Masalah ....................................................................       1
                 C. Tujuan ......................................................................................       2
                 D. Manfaat ....................................................................................       2
BAB II    PEMBAHASAN ..........................................................................       3
A. Pengertian Metode PIECES.....................................................       3
B. SIAKAD...................................................................................       5
C. Hasil Analisa SIAKAD menggunakan Metode PIECES.........       6
D. Pengembangan..........................................................................       8
BAB III   PENUTUP ......................................................................................... 10
A.    Kesimpulan .................................................................................. 10
B.     Saran ............................................................................................ 10
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ 11


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Siakad (Sistem Informasi Akademik) merupakan suatu layout yang digunakan untuk mempermudah lalu lintas data antara mahasiswa, dosen, dan pihak – pihak terkait di dalamnya. Siakad meliputi berbagai macam pengolahan data , baik data mahasiswa maupun dosen. Data ini nantinya akan saling terintegrasi satu sama lainnya hingga menimbulkan efisiensi dalam manajerial akademik suatu perguruan tinggi.
Dalam suatu perguruan tinggi saat ini, tentu mahasiswa dan dosen tidak berasal dari satu daerah. Namun berasal dari berbagai daerah yang berbeda, bahkan pulau yang berbeda. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah tersendiri bagi universitas ketika memerlukan data tertentu, terutama ketika kegiatan perkuliahan sedang libur.  Selain itu mahasiswa juga akan menemui kesulitan ketika harus KRS, daftar ulang, atau sekedar melihat nilai hasil semester saat tidak berada di kampus.
Berangkat dari kebutuhan akan suatu sistem yang mampu mengintegrasikan kebutuhan tersebut, SIAKAD hadir sebagai solusi yang mampu menjadi jembatan penghubung antara universitas, dosen, mahasiswa, dan hal – hal terkait untuk memudahkan lalu lintas data.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa Itu Metode PIECES?
2.      Apa Itu SIAKAD?
3.      Bagaimana Analisa SIAKAD menggunakan metode PIECES?
4.      Bagaimana Pengembangan SIAKAD yang diharapkan setelah penelitian tersebut?
C.    Tujuan
1.      Menganalisa tentang bagaimana pola mekanisme SIAKAD.
2.      Menemukan hal – hal yang perlu dikembangkan untuk lebih mengoptimalkan SIAKAD.
D.    Manfaat
1.      Memberi edukasi tentang bagaimana mekanisme kerja SIAKAD.
2.      Efisiensi pengoptimalan kinerja SIAKAD.













BAB II
PEMBAHASAN

A.    Metode PIECES
Metode PIECES adalah metode analisis sebagai dasar untuk memperoleh pokok-pokok permasalahan yang lebih spesifik. Dalam analisa ini tentu akan melibatkan beberapa runtutan proses dan study kasus untuk menemukan hasil analisa yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Analisis ini disebut dengan PIECES Analysis (Performance, Information, Economy, Control, Eficiency and Service).
Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :
1.      Performance (kinerja)
Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
a.       throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.
b.      response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.
2.      Information (informasi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan :
a.       Keluaran (outputs): Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.
b.      Masukan (inputs): Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3.      Economic (ekonomi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.
4.      Control (pengendalian)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.


5.      Efficiency (efisiensi)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.
6.      Service (layanan)
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik.

B.     SIAKAD
SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.
Siakad memiliki system integrase data yang akan memadukan informasi – informasi dan data dari input berbeda menjadi satu informasi harmonis yang dapat diakses oleh semua orang. Siakad juga berfungsi sebagai pusat informasi yang menyajikan berbagai informasi tentang hasil belajar mahasiswa, proges penilaian dosen terhadap siswa, termasuk pembayaran mahasiswa.
C.    Analisa SIAKAD Menggunakan Metode PIECES
1.      Performance (kinerja)
Proses kinerja Siakad Unipdu Jombang sudah berjalan dengan baik. Karena data dari inputan sudah saling terintegrasi dan tersingkron dengan cepat. Ini terlihat dari data yang terupdate dengan waktu yang tidak terlalu lama setelah data itu dimasukkan. Namun masih kita jumpai beberapa kekurangan, salah satunya adalah kemampuan Siakad yang sering down. Ketika lalu lintas yang begitu padat seperti saat waktu KRS, sering kali Siakad mengalami down dimana banyak mahasiswa yang tidak bisa mengakses siakad atau bisa namun informasi yang dibutuhkan tidak tersaji sebagaimana mestinya.

2.      Information (informasi)
Informasi yang disajikan oleh Siakad Unipdu Jombang, sudah tersaji dengan baik dan dapat difahami dengan jelas oleh mahasiswa. Hanya saja tidak ditemukan informasi mengenai waktu ujian, waktu KRS, pembayaran SPP, dan informasi – informasi lain yang dibutuhkan mahasiswa. Penyebaran informasi akan menjadi lebih efisien apabila dalam Siakad tercantum pula hal – hal tersebut.

3.      Economic (ekonomi)
Siakad Unipdu terbukti mampu menekan biaya yang harus dikeluarkan terutama oleh mahasiswa, Karen ajika sebelumnya untuk daftar ulang kita harus datang ke kampus yang tentu memerlukan biasa dengan adanya SIAKAD hal ini bisa dikurangi. Namun Siakad perlu ditingkatkan lagi terutama mengenai hal fitur sehingga penggunaan Siakad akan lebih baik dan dapat dioptimalkan oleh penggunanya.
4.      Control (pengendalian)
Siakad Unipdu berada dibawah control Puskom Unipdu Jombang. Siakad ini perlu dikembangkan kedalam aplikasi berbasis aplikasi mobile yang sewaktu – waktu dapat memberi notifikasi mengenai jadwal kegiatan atau kebutuhan lain yang penting atau mendesak. Hal ini tentu akan lebih memudahkan mahasiswa dan dosen dalam mengambil tindakan terkait kebutuhannya di kampus.
5.      Efficiency (efisiensi)
Dengan adanya Siakad lalu lintas data menjadi lebih efektif dan efisien. Sehingga memudahkan mahasiswa, dosen, serta karyawan Unipdu Jombang dalam melakukan cek data, upload nilai, cek nilai, serta melakukan mencarian data yang dibutuhkan tanpa terhalang ruang , jarak dan waktu.


6.      Service (layanan)
Siakad Unipdu dengan basis mobile android akan lebih memudahkan mahasiswa, dosen serta karyawan Unipdu Jombang untuk mengakses Siakad, menerima notifikasi melalui ponsel sehingga lebih meminimalisir tidak tersebarnya informasi serta utuh dan valid.

D.    Pengembangan
Pada dasarnya Siakad Unipdu Jombang telah menjadi sebuah system informasi yang sangat baik dan efisien sehingga memberi kemudahan dalam lau lintas bagi seluruh pengguna Siakad Unipdu Jombang. Berbagai fitur yang termaktum didalamnya telah hadir sebagai media pembantu kinerja para karyawan Unipdu Jombang dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan mereka.
System ini juga mampu hadir untuk mempermudah dosen Unipdu Jombang dalam memberi penilaian terhadap hasil belajar mahasiswa, selain itu Siakad ini juga mampu memberikan kemudahakn bagi para mahasiswa khususnya yag berada diluar area Jombang untuk melakukan KRS, cetak hasil ujian dan lain sebagainya.
Berdasarkan hasil penelitian SIAKAD menggunakan metode PIECES, penulis merokemendasikan beberapa pengembangan untuk dijadikan sebagai bahan referensi dalam pengembangan Siakad Unipdu Jombang, diantarnya adalah :
1.      Perbaikan pada server sehingga mampu menangani banyak nya user yang mengakses Siakad dalam waktu bersamaan.
2.      Penambahan fitur pada dashboard utama Siakad yang berisi informasi seputar kegiatan akademik dan non akandemik di Unipdu Jombang, termasuk jadwal PMB, prestasi mahasiswa dan lain sebagainya yang berhubungan dengan Unipdu Jombang. Sehingga lebih menjamin tersebarnya informasi secara merata.
3.      Pengembangan Siakad yang saat ini masih berbasis website, tersedia dalam mobile android yang mampu memberi notifikasi kepada pengguna terkait informasi terupdate di unipdu Jombang. Hal ini akan menjadi lebih efektif karena dalam sehari – hari android lebih dekat dengan manusia (human).














BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Siakad Unipdu Jombang mampu menekan berbagai permasalahan yang hadir dalam system akademik masa lalu yang masih berbasis manual. Dengan adanya Siakad lalu lintas data menjadi lebih efisien dan mempermudah semua pengguna dalam mengoptimalkan tugas pokok dan fungsinya.
B.     Saran
Sistem yang sudah berjalan baik tentu masih memiliki berbagai kekurangan, beberapa rekomendasi yang penulis utarakan diatas semoga dapat menjadi referensi untuk mengemabangan system kedepannya dan mampu menjadi referensi untuk penelitian serupa.

















DAFTAR PUSTAKA





Komentar

Postingan Populer